Faktor Penyebab Terjadinya Pembegalan Motor - BagasUnix
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Faktor Penyebab Terjadinya Pembegalan Motor


Kasus pembegalan motor kerap terjadi di Indonesia. Kejahatan ini bahkan sudah menyebar hampir di seluruh wilayah, tidak hanya di kota-kota besar saja. Pelaku kejahatan ini tidak haya melibatkan orang dewasa saja, namun bocah yang belum lulus dari SMP pun marak ikut terlibat.

Kriminolog Ferdinand T. Andilolo menyebutkan, ada empat faktor penyebab pembegalan motor yang pertama, motivasi.
"Motivasi jadi faktor utama. Tapi, ada tiga faktor lain," kata Ferdinand kepada Metrotvnews.com, Kamis (19/2/2015).

Faktor kedua adalah lemahnya keamanan di tempat-tempat rawan pembegalan itu. "Penjagaan yang kurang oleh aparat di tempat-tempat rawan dapat dimanfaatkan pelaku dan menjadi faktor pembegalan," tambah Ferdina nd.Dua faktor di atas kemudian melahirkan faktor ketiga: situasi dan kondisi. Menurut Ferdinand, jika situasi memungkinkan pelaku tak akan ragu beraksi.

Faktor terakhir, kata dia, korban kurang waspada. "Korban sebetulnya juga ikut berperan dalam maraknya pembegalan. Pelaku tak bisa disalahkan 100 persen dalam hal ini," ujar dia. Menurut Ferdinand, banyak pengendara motor gemar memodifikasi kendaraan mereka. Padahal, motor yang unik dan lain bisa memancing naluri jahat pembegal. Apalagi, kalau korban biasa pulang malam hari.

Dia menyarankan, pemotor yang kerap pulang larut menghindari jalanan sepi dan gelap. Lebih baik mereka mencari jalan alternatif atau mengajak teman. 

Sumber : MetroTV

3 comments for "Faktor Penyebab Terjadinya Pembegalan Motor"